3 Hal Penting yang Menjadi Kunci agar Burung Beo Dapat Bicara

Ilustrasi burung beo. (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Beo atau mamiang masih termasuk berkerabat dengan burung jalak. Burung ini sangat direkomendasikan dan banyak dipelihara masyarakat Indonesia.

Salah satu alasan utamanya yaitu karena burung ini sangat spesial diantara jenis burung lainnya. Pasalnya, burung beo sudah dikenal luas memiliki keahlian dalam menirukan bahasa manusia. Terhitung ketika menginjak usia 3 bulan, burung ini sudah bisa mulai diajak bicara.

Selain itu, burung ini juga disebut-sebut memiliki kemampuan kecerdasan yang lebih tinggi. Hal ini terbukti sebab burung beo dapat memecahkan masalah, berhitung, berkomunikasi, dan bahkan memahami konsep yang dibangun manusia.

Namun untuk mendapatkan burung beo bisa berbicara, sang pemilik harus rajin mengasah beo dengan pelatihan-pelatihan rutin. Apa saja yang harus dilakukan untuk melatih burung beo, diantaranya yaitu:

1. Pengulangan

Pengulangan cara bicara adalah faktor yang sangat penting saat mengajari burung beo. Pertama-tama Sobat Agri bisa memulailah dengan kata-kata yang sederhana dan dapat digunakan dalam komunikasi sehari-hari dengan teman burung.

2. Mengaitkan dengan tindakan

Selain pengulangan kata, selanjutnya yaitu dengan mengaitkan kata-kata yang kamu ajarkan dengan tindakan, seperti memberi burung camilan apel saat kamu mengulangi kata tersebut.

Baca Juga: 3 Hal Penting yang Menjadi Kunci agar Burung Beo Dapat Bicara
Demi Cegah Flu Burung, Prancis Musnahkan 600 Ribu Itik

3. Menjalin hubungan dengan burung beo

Salah satu yang tidak kalah penting lainnya adalah menjalin hubungan dengan burung beo. Pada dasarnya beo harus memiliki kepercayaan dengan manusia sebelum ia berkomunikasi.

Oleh karena itu menjaga sikap dan mendekatkan diri, turut memainkan peran utama dalam melatih beo agar dapat berbicara. Dengan menjalin hubungan yang kuat dengan burung beo maka menjadi kunci sukses agar beo dapat berbicara.

Video Terkait