Beri 5 Jenis Sayuran Ini dalam Pakan Anjing Guna Dukung Kesehatan Tubuhnya

Ilustrasi anjing. (Foo: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Anjing sudah terkenal sebagai hewan peliharaan yang penurut. Selain itu, anjing juga dianggap sebagai hewan yang pintar. Dalam pemberian makan, umumnya banyak yang memberikan anjing daging untuk makanannya. Hal ini karena anjing dianggap sebagai hewan karnivora.

Padahal, sebenarnya anjing juga bisa diberikan buah dan sayuran. Sayuran atau buah yang diberikan kepada anjing dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuhnya.

Dilansir dari The Spruce Pets, ini 5 jenis sayur yang bisa diberikan untuk makanan anjing.

1. Kacang Polong

Kacang polong mengandung protein dan serat yang menyehatkan bagi tubuh anjing. Selain itu, sayur atau kacang-kacangan ini mudah dicerna oleh anjing.

Namun, jangan berikan kacang polong kalengan kepada anjing. Sebab, sayur kalengan sudah mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anjing.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung vitamin K yang baik untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang anjing. Kamu bisa memberikan brokoli pada anjing baik dalam keadaan mentah atau matang.

Namun, jangan diberikan secara berlebihan. Sebab, hal itu bisa sebabkan iritasi lambung pada anjing.

3. Wortel

Ternyata wortel salah satu sayuran yang disukai anjing. Anjing menyukai wortel karena rasanya yang manis alami, renyah, dan menyenangkan untuk dikunyah.

Wortel yang mengandung potasium dan vitamin A dapat meningkatkan kesehatan gigi anjing. Kamu bisa memberikan wortel segar atau yang sudah dimasak, kemudian masukkan ke dalam makanannya.

4. Seledri

Seledri bisa dinikmati mentah atau sudah dimasak oleh anjing. Manfaat seledri untuk anjing antara lain dapat meningkatkan kesehatan gigi dan menyegarkan nafas anjing.

Baca Juga: Beri 5 Jenis Sayuran Ini dalam Pakan Anjing Guna Dukung Kesehatan Tubuhnya
Mengharukan, Pria ini Selamatkan 31 Anjing Terkurung di Rumah Jagal

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk anjing, seperti membantu jaga kesehatan bulu, mata, dan ototnya.

Kamu bisa memberikan ubi jalar yang sudah dipanggang atau dimasak kemudian dihaluskan kepada anjingmu. Jangan berikan ubi jalar mentah karena akan sulit dicerna dan berisiko menyebabkan penyumbatan jika tertelan.

Video Terkait