Ternyata Ada Sekolah Menunggang Unta Berlisensi di UEA

Ilustrasi menunggang unta. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Menunggang unta adalah tradisi panjang bagi masyarakat di kawasan Timur Tengah. Untuk mempopulerkan tradisi ini, seorang wanita bernama Linda Krockenberger mendirikan sekolah menunggang unta dan menjadi tempat kursus menunggang unta berlinsensi pertama di Uni Emirat Arab (UEA)

Mengutip English Alarabiya, Kamis (11/8/2022), Linda Krockenberger mengaku mendirikan sekolah menunggang unta karena ingin berbagi pengalaman dengan orang lain. Pada 2021, bersama rekannya yang merupakan warga lokal, wanita asal Jerman ini mendirikan Pusat Menunggang Unta Gurun Arab. Bukan hanya pendiri, di sekolah ini ia juga menjadi seorang pelatih.

“Ada tempat lain untuk menunggang, tetapi biasanya mereka tidak menawarkan pengalaman yang mendalam dengan hewan atau orang bisa datang berulang kali. Mereka bisa membangun hubungan dengan hewan atau bisa meningkatkan keterampilan berkuda dari jarak jauh. Kami melakukan trek 50 km dalam satu hari, untuk semalaman dan berkemah di padang pasir atau untuk balapan pendek,” kata Krockenberger.

“Menunggangi hewan melibatkan banyak bobot tubuh, misalnya ke kiri atau ke kanan, kami hanya memiliki satu kendali, jadi bagaimana kami berkomunikasi dan bagaimana kami memberikan arahan, banyak dengan menggeser berat pengendara, serta menggunakan satu tali tunggal sebagai tongkat,” tambahnya. 

Menyebut unta sebagai hewan 'raksasa nan lembut,' pelatih menunggang unta lainnya, Jana Schmiedel, mengatakan bahwa dia merasa bangga setiap kali bisa menunggangi unta.

“Bagi saya, hal yang menarik adalah memiliki hubungan dengan unta, untuk benar-benar memahami mereka, menjadi tim dengan mereka saat berkuda, mendengarkan apa yang mereka butuhkan untuk memahami saya dan apa yang dapat saya berikan kepada mereka," tambah Schmiedel.

Peserta kursus menunggang unta di tempat ini berasal dari banyak negara. Salah satunya adalah Michelle O'Malley, yang jauh-jauh datang dari Selandia Baru untuk belajar menunggang unta. Dia memutuskan untuk belajar menunggang unta dengan anak-anaknya yang masih kecil.

Baca Juga: Ternyata Ada Sekolah Menunggang Unta Berlisensi di UEA
Kenali Kok Boru, Olahraga Tertua di Turki dengan Berebut Bangkai Kambing



Pendiri sekolah menunggang unta lainnya, Obaid Al-Falasi, mengaku bahwa peserta kursus ini banyak diminati perempuan. Ia mengatakan peserta kursus wanita meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Selama ribuan tahun, Semenanjung Arab telah menjadi rumah bagi unta, yang secara historis digunakan untuk transportasi dan sebagai sumber kelangsungan hidup. Saat ini, unta populer untuk balapan di UEA dengan hadiah mencapai ribuan dolar.

Video Terkait