4 Cara Antisipasi Menjaga Ternak Ayam dari Serangan Musang

Ilustrasi ternak ayam. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Musang seringkali dibenci oleh peternak ayam. Sudah bukan rahasia lagi kalau musang memang sering memakan ayam terutama di malam hari.

Tak tanggung-tanggung, musang bisa masuk melalui celah kandang dan menyantap ayam yang dilihatnya. Tentu saja peristiwa itu akan membuat peternak ayam merugi.

Melansir sejumlah sumber, ada beberapa cara untuk menjaga ayam dari serangan musang:

1. Periksa kandang

Cara menjaga ayam dari serangan musang adalah dengan memeriksa kandang tempatnya hidup. Kandang ayam bisa dibuat dengan bahan yang kokoh seperti baja, kayu dan bambu. Namun sesekali periksalah kandang dan perbaikilah bagian yang sudah keropos.

2. Nyalakan lampu

Cara menjaga ayam dari serangan musang adalah dengan menyalakan lampu kandang. Musang merupakan hewan nocturnal yang ke luar di malam hari. Hewan ini pun tidak kuat terhadap cahaya dan cenderung akan menjauhi tempat yang terang.

Baca Juga: 4 Cara Antisipasi Menjaga Ternak Ayam dari Serangan Musang
Ayam Jago Berkokok Terlalu Keras, Pemilik Dituntut Tetangganya

3. Pandan wangi

Cara menjaga ayam dari serangan musang juga bisa dilakukan dengan menanami pandan wangi di sekitar kandang. Wangi pandan dapat mengelabui musang dan mengira ada musang lain yang sedang marah. Wangi tanaman pandan wangi memang menyerupai musang pandan.

4. Belerang

Salah satu cara mengusir musang adalah dengan menggunakan bau belerang. Musang memiliki indera penciuman yang tajam. Namun, binatang tersebut tidak tahan dengan bau belerang yang menyengat dan tidak sedap. Biasanya, bau belerang berguna untuk mengusir musang dari sarangnya.

Video Terkait