3 Fakta Unik Tentang Bison yang Kerap Disangka Kerbau

Ilustrasi bison (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri pernah membaca tentang hewan bertanduk bernama bison? Bison merupakan hewan darat terberat di Amerika yang sering disebut mirip dengan kerbau. Namun sebenarnya kedua hewan ini sangat berbeda.

Kerbau mempunyai nama ilmiah Syncerus caffer. Sedangkan bison mempunyai nama ilmiah Bison bison. Habitat bison sendiri berasal dari Amerika. Biar lebih paham, yuk sama-sama simak fakta menarik tentang bison di bawah ini.

Fakta menarik tentang bison yang jarang diketahui

1. Peran Bison terhadap Lingkungan

Meskipun bison bobot bison sangat besar, tetapi ada saja yang memanfaatkan bison. Misalnya seperti dimanfaatkan untuk diambil dagingnya sebagai makanan, atau ditunggangi untuk keperluan olahraga.

Padahal, bison termasuk hewan yang berperan penting untuk lingkungan. Adapun peran penting bison yaitu membantu menyuburkan rumput yang digunakan sebagai makanan rusa.

Selain itu, bison juga merupakan mangsa dari serigala dan hewan-hewan lainnya. Jika manusia terlalu banyak mengambil bison, maka keseimbangan ekosistem alam akan terganggu.

2. Berat Namun Cepat

Bison termasuk hewan mamalia herbivora yang punya ukuran tubuh besar, tinggi, dan berat. Dilansir dari National Geographic, berat seekor bison bisa hampir mencapai angka 1.000 kilogram atau 1 ton.

Meskipun ukuran tubuhnya besar dan berat, bison ternyata bisa berlari cepat dengan kecepatan 32 kilometer per jam. Tidak hanya tubuhnya yang berat, bison juga bisa memiliki tanduk yang bertumbuh mencapai 60 sentimeter.

Uniknya, bison hanya memakan rumput, semak, dan ranting setiap harinya untuk bisa mendapatkan tubuh yang besar. Ketika bison makan rumput, ia akan memuntahkan makanan yang baru saja ditelannya, kemudian kembali memakannya. Hal ini karena proses pencernaan bison yang unik.

3. Berbeda dengan Kerbau

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bison dan kerbau sering dianggap sama. Namun faktanya kerbau merupakan hewan yang menyukai air, sehingga hidup berkelompok di sekitarnya. Dalam satu kelompok, akan ada sekitar 50 hingga 500 kerbau di alam liar.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Tentang Bison yang Kerap Disangka Kerbau
Seekor Rubah Diselamatkan Usai Kepalanya Tersangkut di Ban Bekas

Sedangkan bison lebih banyak menghabiskan waktu bersama kelompok kecil. Sebab, bison hanya akan berkumpul dalam kelompok besar hanya saat musim kawin.

Kerbau sering berkubang di dalam sungai atau lumpur, untuk menetralkan panas di tubuhnya. Namun, bison dari Amerika tidak melakukan hal tersebut. Sebab, bison biasanya tinggal di padang rumput, dengan iklim dingin, dan mempunyai bulu yang lebat.

Video Terkait