Benarkah Kucing Bisa Menularkan Cacar Monyet? Ini Kata Ahli

Ilustrasi anak kucing. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:15 WIB

Sariagri - Belakangan ini penyakit cacar monyet sedang ramai menjadi perbincangan. Terlebih dengan beredarnya pemberitaan jika salah satu masyarakat Indonesia terkena penyakit berbahaya satu ini.

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Penyakit ini merupakan kondisi dimana manusia bisa menularkan ke hewan ataupun sebaliknya.

Seperti namanya, penyakit ini pertama kali ditularkan oleh monyet. Sebenarnya, cacar monyet sudah lama ditemukan pada tahun 1958 di Afrika Tengah.

Menurut CDC, selain monyet, cacar monyet bisa ditularkan melalui tikus, tupai, trenggiling, landak, dan anjing. Namun, masih banyak pertanyaan, apakah kucing merupakan salah satu hewan yang dapat menularkan?

Menurut AVMA, kucing bisa saja menularkan cacar monyet pada pemiliknya. Tapi, kemungkinan kucing menularkan cacar monyet ini sangat rendah. Bahkan, hingga saat ini belum ditemukannya kasus dimana kucing dan anjing peliharaan bisa menularkan cacar monyet.

Baca Juga: Benarkah Kucing Bisa Menularkan Cacar Monyet? Ini Kata Ahli
Kucing Peliharaanmu Kerap Kabur dari Rumah? Simak Nih Penyebabnya

Cacar monyet bukan penyakit endemik di negara di luar Afrika Tengah. Berarti, virus monkeypox ini tidak beredar secara alami pada hewan seperti hewan pengerat seperti yang terjadi di Afrika.

Oleh sebab itu, sejauh ini tidak ada laporan mengenai orang sakit cacar monyet disebabkan karena hewan peliharaan, termasuk kucing.