Kucing Peliharaanmu Kerap Kabur dari Rumah? Simak Nih Penyebabnya

Ilustrasi kucing. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 12 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Sariagri - Kucing peliharaan memang kerap memiliki kedekatan dengan pemiliknya. Bahkan, mereka terkadang selalu menunjukan sikap manjanya yang menggemaskan. Namun, pernah kah kamu merasa bingung ketika kucing peliharaanmu justru memilih kabur dari rumah? 

Ada beberapa faktor mengapa kucing peliharaan sampai berani meninggalkan rumah. yuk ketahui penyebabnya. 

1. Ada persaingan dengan kucing lain

faktor ini umumnya terjadi pada kucing jantan. Biasanya, kucing jantan yang mempunyai wilayah teritorial. Jika ada kucing lain yang mendekati wilayah kucing peliharaanmu, itu akan membuatnya berkelahi.

Apabila kucing peliharaanmu kalah saat berkelahi, ia akan pergi sebagai bentuk konsekuensi dari perkelahian. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mensterilisasi kucing agar sikapnya lebih tenang. Selain itu, sterilisasi juga dapat membuat kucing jadi lebih sehat.

2. Mencari kucing betina

Masih dengan kucing jantan, ketika birahi sedang naik, maka hasrat birahi kucing jantan akan membimbingnya pergi dari rumah untuk mencari betina dan kawin.

Hal ini juga menjadi faktor paling umum dari kucing jantan meninggalkan rumah. Kucing jantan bisa pergi berhari-hari untuk mencari betina dan akan kembali saat misinya tercapai.

3. Merasa bosan

Apabila sering ditinggalkan sendiri di dalam rumah, atau jarang diajak untuk bermain, itu akan membuat kucing peliharaanmu merasa bosan. Ketika bosan, kucing akan berusaha sekuat mungkin untuk pergi untuk mendapatkan kesenangan.

Jika kebosanan menjadi motif yang membuat kucing peliharaanmu pergi dari rumahmu, biasanya kucing akan kembali dengan sendirinya.

4. Stres

Stres bisa memicu kucing untuk pergi meninggalkan rumah pemiliknya. Beberapa faktor yang membuat kucing merasakan stres bisa karena kondisi lingkungannya atau ada kucing lain. Tanda-tanda kucing mengalami stres biasanya lebih agresif.

Baca Juga: Kucing Peliharaanmu Kerap Kabur dari Rumah? Simak Nih Penyebabnya
Buang Anak Kucing, Perempuan Ini Dicokok Polisi dan Kena Denda

Selain itu, ada juga kucing yang malah bersembunyi saat stres. Kalau sudah bersembunyi, biasanya kucing juga tidak mau makan. Jika sudah mengalami fase ini, biasanya kucing akan pergi.

5. Tidak dirawat dan disayang dengan baik

Kucing akan minggat jika tidak diperlakukan dengan baik, seperti jarang diberi makan, tidak diajak bermain, atau sering ditinggalkan. Oleh karena itu, rawatlah kucing peliharaanmu dengan baik. Jangan lupa juga untuk menunjukkan rasa sayangmu dengan cara mengelus mereka secara lembut.

Video Terkait