Jangan Sampai Salah! Begini Cara Memandikan Burung Peliharaan yang Benar

Ilustrasi Burung Mandi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Layaknya hewan peliharaan lainnya, burung juga perlu mendapat perawatan yang sama. Salah satu perawatan yang wajib kamu lakukan adalah memandikannya secara rutin. Hal ini bertujuan agar burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Namun, dalam memandikan burung Sobat Agri tidak boleh sembarangan. Ada yang harus kamu perhatikan dalam memandikan burung. Dikutip dari The Spruce Pets, berikut tips memandikan burung peliharaan yang benar.

Cara memandikan burung peliharaan yang benar

1. Mandi di wadah air minum

Burung akan mandi dengan cara apa pun yang tersedia untuknya jika sudah waktunya mandi. Untuk burung peliharaan, mereka paling sering mandi di wadah air minum. Jika kamu melihat burung peliharaan sering melakukan ini, artinya mereka perlu dimandikan secara rutin.

2. Butuh lebih banyak kelembaban

Beberapa burung berasal dari daerah tropis atau beriklim panas. Sementara itu, sebagian burung sudah terbiasa dengan hujan harian dan kondisi ekstra lembab.

Burung tipe ini perlu lebih sering dimandikan guna memperbaiki kondisi bulu, kesehatan, dan kebahagian burung secara keseluruhan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Memandikan Burung Peliharaan yang Benar
Pahami Hal Penting Ini agar Burung Peliharaan Memiliki Berat Badan Ideal

3. Melalui fase pergantian bulu

Melansir VCA Hospitals, burung memiliki fase yang disebut sebagai molting, fase pergantian bulu lama menjadi bulu baru. Pada fase ini, burung perlu melalui pergantian bulu setiap tahun untuk menyingkirkan bulu yang tua atau rusak.

Bulu-bulu baru ini dilapisi selubung keratin yang terkadang perlu dilunakkan agar bulu di dalamnya dapat keluar. Memandikan burung lebih sering selama fase molting dapat membantu mengeluarkan bulu baru sekaligus menenangkan kulit yang gatal.

Video Terkait