Ketahui Ciri-ciri Induk Kambing Berkualitas Unggul agar Cepat Beranak

Ilustrasi kambing. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Sebelum terjun menjadi seorang peternak kambing, tentunya langkah pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari indukan yang berkualitas. Nah untuk mendapatkan itu, Sobat Agri perlu mengetahui apakah indukan tersebut memiliki jejak rekam yang baik atau tidak.

Pasalnya tanpa adanya jejak rekam, akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan anakan yang berkualitas juga. Selain mendapatkan anakan berkualitas, seluruh rangkaian proses peternakan yang dijalankan akan efektif dan efisien.

Modal yang dikeluarkan pun nantinya akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. Peternak bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki indukan kambing yang berkualitas karena memperoleh harga jual yang tinggi. Kira-kira apa saja ciri dari indukan yang berkualitas, berikut penjelasannya:

Ciri-ciri indukan kambing yang berkualitas unggul

1. Indukan betina

Kambing induk betina yang dipelihara biasanya digunakan untuk perkawinan, lalu akan melahirkan anakan. Oleh karena itu, penting untuk kamu memilih indukan yang sehat dan subur serta memiliki kemampuan melahirkan dan menyusui.

Ciri-ciri induk betina yang bagus bisa kamu lihat dari bentuk fisik. Induk betina yang bagus akan memiliki bentuk tubuh yang kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus, bulu lunak dan mengkilap, tubuh besar, tapi tidak terlalu gemuk.

Setelah itu kamu bisa mengamatinya dari sifat. Induk yang baik memiliki penampilan yang jinak dan sorot mata yang ramah. Kaki lurus dan tumit tinggi. Jumlah gigi induk lengkap, tinggi rahang bawah dan atas sama rata.

Induk yang baik biasanya berasal dari kelahiran kembar. Induk memiliki ambing tidak terlalu menggantung dan bentuknya simetris dengan puting. Sebaiknya, gunakan induk yang sudah melahirkan dua kali dengan jumlah anak dua ekor per kelahiran. Selain itu, tentu saja pilihlah induk yang bebas dari penyakit.

2. Pejantan

Selain indukan betina, indukan jantan juga memberi pengaruh terhadak anakan kambing berkualitas. Pejantan yang baik mampu menghasilkan sperma yang unggul sehingga jika dikawinkan dengan induk betina bisa menyebabkan induk betina bunting.

Selain itu, sperma yang baik dapat menghasilkan anak berkualitas unggul. Oleh karena itu, penting untuk memilih induk jantan berkualitas. Kamu bisa menganalisis dari bentuk postur tubuh sampai tingkah lakunya.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Induk Kambing Berkualitas Unggul agar Cepat Beranak
Anak Peternak Kambing Juara Angkat Besi di Meksiko

Induk jantan berkualitas memiliki tubuh yang besar dan relatif panjang. Bagian belakang tubuh lebih besar dan lebih tinggi. Dada lebar dan tidak terlalu gemuk.

Alat kelaminnya normal dan simetris serta sering terlihat ereksi. Pilihlah induk yang sudah berumur 1,5—3 tahun dan terbebas dari penyakit.