Awas! Ini Benda-Benda yang Perlu Dihindari dari Kucing Peliharaan

Ilustrasi kucing betina ingin kawin. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mempunyai sifat yang unik. Salah satunya kucing memiliki rasa ingin tahu cukup besar. Jika kamu memperhatikan, kucing senang menjelajah tempat baru dan mengendus barang yang baru mereka temui.

Akan tetapi, perilaku ini sebenarnya membahayakan kucing dan mengancam kesehatannya. Bagi kamu pemilik kucing, penting untuk memperhatikan dan memastikan di dalam rumah tidak ada benda-benda yang bisa berdampak buruk bagi kucing kesayangan.

Melansir Pets Webmd, ada cukup banyak benda-benda yang harus dihindarkan dari kucing agar mereka tetap sehat dan aman. Salah satunya adalah obat-obatan.

Cukup banyak jenis obat yang kita minum berbahaya bagi kucing. Obat-obat itu antara lain, obat antidepresan, obat kanker obat pelangsing, obat flu, hingga obat pereda nyeri seperti acetaminophen dan aspirin.

Untuk keamanan kucing, simpan obat-obatan ini pada tempat aman yang jauh dari jangkauan kucing. Selain itu ada juga makanan dan tanaman yang berbahaya buat kucing serta beberapa makanan manusia juga bisa menjadi racun bagi mereka.

Karena tidak semua tanaman baik bagi kucing. Beberapa tanaman hias bahkan bisa membahayakan kesehatan kucing. Tanaman itu antara lain, lidah buaya azalea, krisan eceng gondok, bunga bakung, mistletoe, rhododendron, rumbia, juga bunga tulp.

Untuk makanan, kamu harus menghindari kucing dari alkohol, kafein (kopi, soda, teh), cokelat hingga bawang putih. Makanan lainnya adalah anggur, kismis dan xylitol, yang terkandung dalam permen karet tanpa gula, permen dan pasta gigi.

Baca Juga: Awas! Ini Benda-Benda yang Perlu Dihindari dari Kucing Peliharaan
Pecinta Kucing Bisa Hasilkan Cuan dari Ide Bisnis Ini

Satu lagi, benda yang harus dijauhkan dari kucing adalah berbagai benda yang mengandung bahan kimia, seperti deterjen, pemutih pakaian, cairan perawat kuku, shampo, hingga semprotan serangga.

Benda-benda tersebut sebaiknya jauhkan dari kucing karena dapat membuat keracunan. Gejala yang muncul juga beragam. Tanda-tanda yang harus diperhatikan antara lain, masalah pernapasan, batuk, depresi, diare, kejang, gemetar, berliur hingga muntah.
Bila beberapa gejala ini terlihat pada kucing, langkah terbaik adalah segera periksa kucing kesayangan kamu ke dokter hewan untuk diperiksa.

Video Terkait