Bisnis Ternak yang Dianggap Paling Menguntungkan, Tertarik Mencoba?

Ilustrasi Peternakan Ayam Kampung (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Beternak hewan bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan, ternak hewan bisa menjadi penghasilan utama. Ada beragam hewan ternak yang bisa menjadi alternatif untuk dicoba.

Selain cukup familiar bagi masyarakat, peluang penghasilannya juga cukup menjanjikan. Berikut daftar bisnis ternak paling menguntungkan.

1. Udang

Udang tergolong hewan laut yang perawatannya mudah namun tidak membutuhkan modal yang besar. Udang juga dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan hingga kerupuk.

Budi daya udang adalah bisnis akuakultur. Kamu bisa melakukannya di air tawar atau sebagai budaya laut. Karena permintaan pasar yang tinggi akan produk dan biaya perolehan tanah yang rendah, budidaya udang menguntungkan secara komersial.

2. Ikan Hias

Bukan rahasia lagi jika ikan hias memiliki harga yang selangit baik dalam bisnis maupun modal usahanya. Namun ketika usaha kamu mulai besar, ikan hias bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Apalagi ikan hias sangat banyak jenisnya baik dari pasaran harga sedang sampai tinggi. Bisnis ternak ikan hias ini memang lebih kepada hobi, namun juga paling menguntungkan. Jika sudah bisa menguasai pasar, maka kamu akan menuai keuntungan sangat besar.

3. Sapi

Ternak sapi menjadi pilihan para pebisnis besar, selain keuntungan yang besar, pangsa pasarnya juga besar. Terutama ketika kamu jual di musim Lebaran, hari besar, dan juga ketika Hari Kurban.

Namun dibalik keuntungan tersebut, banyak masyarakat yang ingin sapi yang sehat, terawat dan juga segar ketika dibeli. Maka sudah menjadi pekerjaan penjual atau pebisnis untuk merawat dengan baik.

4. Burung Puyuh

Unggas satu ini banyak dijumpai karena sering dimanfaatkan bagian telurnya. Burung puyuh bisa menghasilkan telur 6 sampai 7 telur di setiap minggunya tergantung nutrisi yang diberikan dan kondisi unggas tersebut.

Terlebih, burung puyuh mudah dibudidayakan. Bisnis ternak puyuh termasuk paling menguntungkan karena popularitas besar akhir-akhir ini.

Ada beberapa alasan puyuh banyak disukai untuk ternak karena pertumbuhan cepat, interval generasi pendek, dan produksi telur yang produktif.

5. Bebek

Jika ingin memulai usaha peternakan murah, maka kamu bisa mempertimbangkan beternak itik. Pada dasarnya, ini adalah bisnis ternak yang lebih murah yang paling menguntungkan karena mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan dan pengelolaan. Hewan ini dimanfaatkan dengan diambilnya daging dan telurnya.

6. Kambing

Ternak kambing sering dijadikan investasi tersendiri, karena penjualan kambing yang tinggi. Karena prospek ekonominya yang baik, pemeliharaan kambing dengan sistem intensif dan semi intensif untuk produksi komersial mendapatkan momentum selama beberapa tahun terakhir.

Kondisi pasar yang menguntungkan dan aksesibilitas mudah ke teknologi kambing yang ditingkatkan juga menarik perhatian para pengusaha.

7. Lele

Budidaya ikan lele dimungkinkan dengan bagian yang sangat kecil dari badan air. Untuk mencoba usaha ini harus mempertahankan metode pertanian komersial dan pengelolaan pakan.

Baca Juga: Bisnis Ternak yang Dianggap Paling Menguntungkan, Tertarik Mencoba?
Raffi Ahmad Unggah Foto Naik Sapi Seberat 1,4 Ton, Warganet Jadi Tercengang

Lele yang sehat dan dirawat dengan baik memiliki gizi baik dan omega 3 yang sangat sehat untuk anak-anak. Jika ingin menjual untuk dikonsumsi kamu bisa memilih ternak lele.

8. Ayam

Usaha ayam menjadi satu dari sekian banyak bisnis ternak yang populer dan juga mendatangkan keuntungan. Apalagi setiap lapisan masyarakat mengkonsumsi makanan, banyak juga penjual makanan cepat saji yang menggunakan bahan utama ayam. Maka usaha ayam bisa dibilang akan mendulang keuntungan pasar karena tingkat kebutuhan yang tinggi.

Video Terkait