Ketahui Ciri-ciri Merpati yang Sehat dan Penyakit Rentan yang Dialaminya

Ilustrasi burung merpati (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Bagi para pecinta burung, tentu sudah tidak asing dengan jenis burung yang satu ini. Ya, burung merpati termasuk jenis burung yang sangat banyak dipelihara.

Burung ini memiliki keunikan tersendiri, salah satunya ia sangat dikenal aktif dan lincah, memiliki pandangan yang tajam, dan terbang sesuai dengan kemampuan maksimalnya.

Dalam memeliharanya, kamu harus pintar merawat burung ini. Lantas bagaimanakah ciri-ciri burung merpati yang sehat, simak ulasan berikut.

Ciri-ciri burung merpati yang sehat

1. Merpati memiliki mata yang bersinar terang dan pandangan yang tajam, serta cepat bereaksi terhadap benda-benda di sekitarnya termasuk cahaya.
2. Selain itu merpati juga terlihat aktif bergerak dan gesit saat bereaksi dengan lingkungan sekitar.
3. Merpati yang sehat akan bereaksi jika melihat lawan jenis (salah tingkah).
4. Mampu terbang pada ketinggian yang lebih tinggi hingga 77,6 mph dengan cepat.
5. Mampu menempuh jarak sekitar 600 hingga 700 mil.
6. Mampu menavigasi arah terbang dan bisa kembali ke rumah atau tempat asalnya saat dilepaskan.

Setelah mengetahui ciri-ciri merpati yang sehat, ada hal lain yang juga harus diperhatikan jika memelihara merpati, yaitu:

1. Rentan terhadap tungau merah

Tahukah kamu, faktanya burung merpati rentan terhadap tungau merah. Tungau ini biasanya bersembunyi saat siang hari dan keluar di malam hari untuk memakan darah burung.

2. Rentan terhadap cacing

Hal penting lainnya yakni, merpati yang ditempatkan di luar ruangan rentan terhadap cacing gelang, cacing pita, dan spesies cacing lainnya.

3. Rentang terhadap penyakit goham

Kamu juga harus waspada terhadap penyakit goham, yaitu gangguan pernapasan yang terlihat seperti pembengkakan di tenggorokan burung merpati dan pertumbuhan jamur di sekitar mulut. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Merpati yang Sehat dan Penyakit Rentan yang Dialaminya
Jangan Salah! Ini Jenis Pakan Burung Merpati yang Tepat dan Bikin Sehat

Oleh karena itu, sudah sepatutnya sang pemilik burung merpati harus selalu menjaga kebersihan makanan dan juga pakanan. Salah satunya dengan cara mencuci tangan setelah memegang, memberi makan, atau membersihkan kandang merpati.

Hal ini bertujuan agar mencegah penularan bakteri Chlamydia dan Salmonella (infeksi bakteri) kepada merpati ataupun sebaliknya.

Video Terkait