Manfaatkan Limbah Jerami Padi untuk Pakan Ternak Berkualitas

Ilustrasi kandang kambing modern (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Membahas soal pakan untuk kambing ternak, para peternak akan dihadapi dengan kesulitan dengan stok pakan dimusim kemarau. Solusi yang umumnya dilakukan adalah dengan menjadikan jerami sebagai limbah alternatif.

Jerami yang biasanya ini dianggap sebagai limbah, bahkan tidak jarang jerami dibakar karena tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, sebenarnya bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik.

akan tetapi penggunaan jerami padi sebagai makanan ternak mengalami kendala terutama disebabkan adanya faktor pembatas dengan nilai gizi yang rendah yaitu rendahnya kandungan protein kasar, lignin dan silika.

Kualitas jerami padi dapat ditingkatkan baik secara kimia maupun biologi. Peningkatan jerami padi melalui biologi adalah melalui fermentasi.

Fermentasi merupakan proses pemecahan senyawa organik menjadi sederhana. Proses ini melibatkan mikroorganisme agar mempunyai kandungan nutrisi, tekstur yang lebih baik, memperpanjang masa penyimpanan dan mempertahankan gizi.

Cara ini relatif murah, praktis dan hasilnya sangat disukai ternak. Dengan fermentasi ini para peternak bisa menambahkan bahan mengandung mikroba proteolitik, lignolitik, selulolitik, lipolitik dan bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (contohnya: starbio, starbioplus.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah membuat pakan dari jerami.

1. Larutkan 1 kg abu sekam padi dalam 10 liter air, aduk hingga rata dan biarkan selama 24 jam. Selanjutnya, ambil larutan air dari kulit abu, lalu saring.

2. Ambil 1 liter saringan dan masukkan ke dalam ember. Tambahkan enam sendok urea, tiga sendok garam, dua sendok jeruk nipis, 0,5 sendok belerang dan aduk rata.

3. Siapkan jerami padi, baik utuh atau dipotong dengan ukuran 5-10 cm sebanyak 1 kg. Tempatkan tudung di dalam kantong plastik atau ember.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Jerami Padi untuk Pakan Ternak Berkualitas
Peneliti: Tepung Daun Kelor Mampu Tingkatkan Reproduksi Kambing Jantan

4. Solusi filter yang disiapkan disemprotkan atau dicuci.

5. Tutup ember dengan plastik dan ikat erat-erat. Proses fermentasi tape jerami berlangsung selama 1,5 jam.

Sebelum diberikan kepada kambing, pakan harus diberi ventilasi selama 15 menit. Pakan dapat diberikan kepada kambing hingga 50-70 persen dari jumlah pakan yang diberikan per ekor per hari. Kamu dapat memberikan 1 bagian tengah, 4 bagian pakan dan 4 bagian pita jerami.

Selain diolah menjadi straw strip, jerami juga sering diolah oleh peternak menjadi pakan silase dan jerami amonium. Setiap olahan pakan berbahan jerami ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Video Terkait