Bisakah Kucing Makan Buah?

Ilustrasi kucing dan buah-buahan. (Freepik)

Editor: M Kautsar - Kamis, 4 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Makanan kucing selalu identik dengan ikan dan daging ayam. Namun, muncul pertanyaan, bisakah kucing mengonsumsi buah-buahan?

Dokter hewan dari PetSmart, Jennifer Bruns mengatakan punya pendapat mengenai pakan kucing. 

Menurut Jennifer, kucing merupakan hewan karnivora utama. Jadi, mereka tidak perlu mengonsumsi buah-buahan.

Jennifer memberi tahu bahwa kucing tidak dapat merasakan manisnya buah karena lidah mereka tidak memiliki reseptor rasa manis. Ada beberapa buah yang aman bagi kucing jika teksturnya menyenangkan.

“Buah-buahan yang aman untuk kucing termasuk apel, pisang, blueberry, melon, stroberi, dan semangka tanpa biji,” kata Jennifer tersebut. Beberapa buah aman lainnya termasuk raspberry, blackberry, dan cranberry.

Jennifer merekomendasikan pemilik untuk memberi kucing potongan buah dalam ukuran yang kecil untuk sekali gigitan dan hanya jumlahnya dalam bentuk sedang. Perubahan pola makan dapat menyebabkan muntah dan diare.

Menurut dia, dikutip dari Purewow, meski tidak begitu cocok dengan pola konsumsi kucing, memberi kucing buah bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan antara kucing dan pemiliknya. Dia juga menyebut, buah-buahan juga cocok untuk makanan diet bagi kucing.

Jennifer memberi tahu kami bahwa makanan kucing yang tersedia secara komersial memenuhi semua kebutuhan makanan kucing Anda, jadi sebenarnya tidak perlu menambahkan buah ke dalam campurannya.

Ada buah yang aman dikonsumsi kucing, ada pula yang tidak aman untuk dikonsumsi. Jennifer mengatakan ada beberapa buah yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan mungkin kematian. Buah tersebut di antaranya, lemon, limau, dan jeruk.

Bila buah-buah tersebut dikonsumsi dalam jumlah banyak, kucing dapat mengalami depresi sistem saraf pusat.

Untuk mengidentifikasi apakah kucing mengonsumi buah beracun atau tidak, Jennifer punya cara mengetahuinya. Misalnya, termasuk “muntah terus-menerus, diare, menolak makanan, gusi atau lidah yang pucat atau lidah yang bengkak, serta perut nyeri dan kejang-kejang.”

Jika kamu melihat salah satu dari indikasi penyakit yang disebutkan terjadi pada kucingmu, hubungi dokter hewan. Jadi penting bagi Anda untuk bertindak cepat.

Video Terkait