Peternak Milenial Berbagi Kisah Manisnya Bisnis Beternak Domba

Ata (24) peternak domba asal Banjarnegara (Tanilink TV)

Editor: Reza P - Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Ragam usaha pertanian mulai dilirik oleh milenial mulai dari budidaya tanaman hingga membangun peternakan. Seperti yang dilakukan oleh Tata (24) milenial asal Banjarnegara, Jawa Tengah yang memilih menjadi peternak domba.

Tata menjelaskan bahwa ketertarikannya pada dunia peternakan karena mengikuti jejak sang ayah yang merupakan seorang peternak sapi. Sejak kecil dirinya juga turut membantu mencari pakan ternak (ngarit) dan ia pun mencintai aktivitas tersebut.

“Kebetulan kalau saya ngarit (untuk) sapi agak keberatan saya memilih lebih kecil hewannya, akhirnya jatuhlah pilihan ke ternak domba,” ujarnya seperti dikutip dari Youtube Tanilink TV, Jumat (29/7).

Dia mengungkapkan, peternakan domba yang diberi nama Kajine Farm ini di mulai sejak tahun 2017 dan berisi satu ekor domba jantan dan 20 ekor domba betina. Konsep peternakan domba tersebut yakni untuk pengembang biakan (breeding) namun seiring berjalannya waktu ia juga melakukan penggemukan (fattening).

“Kita ada fattening biasanya untuk momen Idul Adha dan untuk kebutuhan aqiqah atau hajatan, tapi sebagian besar kita tetap breeding,” ungkapnya.

Tata menyebutkan, saat ini dia memiliki kandang dengan kapasitas 157 ekor domba, di mana juga dia memelihara empat jenis domba di antaranya domba lokal gembel, texel, merino dan dorper.

“Kita biasanya di sini marketnya kita jual untuk breeding lagi, dan untuk pedaging konsumsi biasanya,” katanya.

“Kalau untuk reproduksi itu domba di sini kita terapkan umur minimal delapan bulan untuk bisa dikawinkan untuk betina. (Masa) hamilnya 5 bulan, kalau untuk anak biasanya dua paling banyak empat ekor,” tambahnya.

Baca Juga: Peternak Milenial Berbagi Kisah Manisnya Bisnis Beternak Domba
Dari Hobi Pemuda Ini Raup Omzet Rp7 Juta per Bulan Beternak Leopard Gecko

Sejauh ini, kata dia, domba betina yang dimilikinya mencapai 40 ekor, sementara domba yang siap untuk dijual berkisar antara usia 3-4 bulan.

“(Harga) kalau untuk jenis lokal jantan Rp1,6 juta sekitar usia 4-5 bulan, untuk betina Rp1,3 juta. (Harga domba merino) biasanya cari yang lepas sapih, itu sekitar Rp3 jutaan,” tandasnya.

Video Terkait