Unik Banget! Hewan Ini Ternyata Punya Cara Tidur yang Unik dan Tidak Biasa

Ilustrasi peternakan bebek. (Foto Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Selasa, 2 Agustus 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Seiring banyaknya penelitian yang sudah dilakukan, kini pertanyaan bagaimana cara ikan tidur sudah mulai terungkap. Banyak orang sudah mengetahui dan paham bahwa ikan adalah hewan yang sama sekali tidak tidur.

Namun, tidak semua hewan seperti ikan yang tidak tidur, beberapa hewan jenis lain bahkan memiliki keunikan tersendiri dalam cara mereka tertidur. Posisi yang mereka lakukan cukup unik dan bahkan membuat kita menggelengkan kepala.

Dikutip dari laman Onekindplanet, berikut 6 hewan dengan posisi tidur unik:

1. Bebek

Selalu bekerja sama untuk memastikan semua kawanannya tetap aman saat tidur itulah yang dilakukan bebek. Bebek cenderung tidur dalam barisan dan berdampingan. Uniknya, ada bebek yang  tidur dengan satu mata terbuka guna waspada terhadap bahaya. Sementara bebek di tengah barisan akan jauh bersantai dengan kedua mata tertutup.

2. Kelelawar

Kelelawar juga termasuk hewan yang bisa dibilang memiliki posisi tidur yang cukup unik. Jika Sobat Agri melihatnya, kelelawar terbiasa tidur sambil digantung dalam posisi terbalik. Dari penelitian yang dilakukan cara posisi tidur seperti ini punya banyak manfaat dan sangat nyaman bagi kelelawar.

Cara ini bisa membuat kelelawar selamat dari predator. Tetapi hal ini juga membuat mereka berada dalam posisi yang sempurna untuk terbang jika diperlukan. Mereka juga tidak perlu khawatir akan jatuh, karena cakar mereka yang kuat menahannya.

3. Simpanse

Simpanse dan kera besar lainnya akan meringkuk saat tidur. Mereka membangun sarang di atas pohon menggunakan cabang dan daun, yang mencegah jatuh dan menghindarkan mereka dari predator.

Simpanse sangat pemilih dan akan memilih pohon yang terlihat paling kokoh untuk membangun sarang mereka. Jika pohon itu tidak kokoh mereka tidak mau membangun sarang untuk tidur.

4. Berang-Berang Laut

Air adalah tempat yang tepat untuk tidur siang bagi berang-berang laut. Mereka akan mengambang dengan punggung untuk menjauhkan diri dari predator darat. Sementara membungkus diri dengan rumput laut mencegah mereka hanyut mengikuti arus.

Terkadang, kamu bisa melihat kawanan berang-berang laut tidur bersama dengan cara ini. Beberapa bahkan mungkin bergandengan tangan dengan sesama berang-berang untuk menjaga mereka tetap bersama meski sedang tertidur.

5. Jerapah

Menyandang predikat sebagai hewan besar dan tinggi di tengah dataran terbuka membuat tidur mereka berisiko dari hewan pemangsa. Jadi, hal inilah yang menjadi alasan mengapa jerapa hanya dapat tertidur hanya 30 menit dalam sehari.

Terkadang para jerapah akan tertidur dengan kepala bertumpu pada pohon sambil berdiri dan siap untuk berlari apabila ada ancaman.

Baca Juga: Unik Banget! Hewan Ini Ternyata Punya Cara Tidur yang Unik dan Tidak Biasa
Selain Jerapah, Ini Sederet Hewan yang Jarang Tidur

6. Kuda

Tidur sambil berdiri memiliki keuntungan tersendiri jika ada hewan lain yang ingin memangsanya. Banyak hewan memiliki kemampuan ini, seperti misalnya kuda. Untuk melakukan ini secara efektif, kuda menggunakan alat penahan, yang merupakan adaptasi dari sistem muskuloskeletal.

Sistem ini membantu memungkinkan mereka mengunci anggota badan pada tempatnya. Mereka kadang-kadang berbaring meskipun tidur sambil berdiri lebih sering dilakukan.

Video Terkait