Kerbau Keturunan Kyai Slamet Dipastikan Ikut Kirab Malam 1 Sura

Kerbau keturunan Kyai Slamet yang akan mengikuti kiram malam 1 Sura. (Antara/Aris Wasita)

Editor: Yoyok - Kamis, 28 Juli 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memastikan kerbau keturunan Kyai Slamet akan mengikuti kirab malam 1 Sura pada Jumat (29/7). Dalam Kalender Jawa, Malam 1 Sura 2022 bertepatan dengan 1 Muharam 1444 H. 

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo, mengatakan rencananya akan ada lima ekor kerbau yang dikeluarkan untuk prosesi upacara adat malam pergantian tahun Jawa tersebut.

Ia mengatakan lima ekor kerbau yang akan mengikuti kirab tersebut dianggap paling sehat dari lainnya yang saat ini tengah terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sebelumnya, usai dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh kerbau milik Keraton Surakarta, diketahui ada 11 ekor dari 17 ekor kerbau yang terjangkit PMK. Bahkan, ada satu ekor kerbau keturunan Kerbau Kyai Slamet mati akibat terjangkit penyakit tersebut.

Untuk memastikan lima ekor kerbau tetap sehat, saat ini kelimanya tengah menjalani isolasi di Kompleks Magangan. Kelima kerbau ini sudah menjalani isolasi selama dua hari dan dipisahkan dari kerbau lainnya untuk persiapan Kirab Malam 1 Sura.

Sementara itu, kirab tersebut merupakan kali pertama usai dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Tahun ini Satgas Covid-19 memperbolehkan kami mengkirab Mahesa Kyai Slamet kembali. Selama dua tahun kemarin kan hanya melibatkan 200-400 orang saja," katanya di Solo, Kamis (28/7)

Baca Juga: Kerbau Keturunan Kyai Slamet Dipastikan Ikut Kirab Malam 1 Sura
Jelang Kirab Malam 1 Suro, Kebo Bule Milik Keraton Surakarta Mati

Ia mengatakan untuk kirabnya akan dilaksanakan mulai pukul 23.00 WIB. Pada prosesi pergantian tahun baru Jawa ini dilakukan lima tahapan, yakni doa bersama, kirab, meditasi, salat hajat, hingga salat subuh.

Untuk rute kirab, dikatakannya, sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni mulai dari Kori Kamandungan-Supit Urang-Gladag-Jalan Mayor Sunaryo-Kapten Mulyadi-Veteran-Yos Sudarso-Slamet Riyadi dan kembali ke keraton.