Ingin Merawat Kelomang? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi kelomang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 5 Agustus 2022 | 02:00 WIB

Sariagri - Kelomang atau umang-umang banyak dijual di sekitaran sekolah, membuat anak-anak tertarik untuk membelinya karena bentuknya yang lucu dan unik.

Terkadang cangkang kelomang digambar dan dibuat menarik dengan beragam warna. Melansir sejumlah sumber, ada cara yang harus diperhatikan dalam menjaga hewan yang satu ini. Mungkin para orang tua juga bisa memberikan pengetahuan kepada anak-anak yang ingin merawat kelomang dengan langkah berikut:

1. Rawat Beberapa Kelomang

Cara merawat kelomang adalah dengan membelinya lebih dari satu. Hal ini karena kelomang merupakan hewan yang tidak bisa hidup sendiri. Meski tidak menutup kemungkinan ketika disatukan dalam satu wadah mereka akan memperebutkan cangkang. Caranya pilihlah kelomang dengan ukuran cangkang yang berbeda sehingga tidak akan terjadi keinginan saling berebut cangkang.

2. Siapkan Wadah

Cara merawat kelomang adalah dengan memberikan wadah yang nyaman seperti menggunakan akuarium atau baskom. Ketika menggunakan baskom, masukkan pasir sedalam 5-10 cm supaya suasananya seperti di pantai.

Baca Juga: Ingin Merawat Kelomang? Ini Hal yang Harus Diperhatikan
Tips! Cara Mudah Menyikat Gigi Kucing Sendiri di Rumah

Selain itu, bisa juga dengan memberikan tutup di akuarium supaya suhunya terjaga dan menjaganya dari bakteri.

3. Memilih Makanan Tepat

Cara merawat kelomang juga harus diperhatikan asupan makanannya. Makanan kelomang biasanya campuran daging dan sayuran seperti pelet, kelapa, labu siam, tebu, apel, bengkuang dan lainnya. Sebaiknya makanan diganti setiap tiga kali sehari dan berikan kelomang air sumur dan air yang dicampur dengan garam kasar.

4. Lindungi dari Semut

Kelomang bermusuhan dengan semut. Untuk mencegah serangan semut sebaiknya goreskan kapur ajaib di sekeliling wadah kelomang.

Video Terkait