Viral Perjuangan Pekerja Filipina Ambil Sarang Burung Walet di Gua

Ilustrasi sarang burung walet. (pertanian.go)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 17 Juli 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Belakangan ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan perjuangan dari para pekerja asal Filipina yang mengambil sarang burung walet bernilai puluhan juta rupiah di gua lautan. Video tersebut dibagikan melalui unggahan akun Instagram @info_uniik.

Dalam unggahannya, tampak mengambil sarang burung walet di lokasi yang terbilang ekstrem. “Perjuangan pekerja di Filipina demi mengambil sarang burung yang nilainya puluhan juta,” tulis keterangan dalam unggahan video di akun tersebut.

Terlihat, sarang burung walet yang mereka ambil itu terletak di tebing pinggir laut dan di dalam gua-gua kecil di dalam tebing. mereka terlihat menuju tebing dan gua-goa dengan melewati lautan dan menggunakan perahu. Setelah itu mereka harus mendaki dan memanjat tebing yang tinggi dan curam tanpa peralatan yang canggih untuk menemukan sarang burung walet tersebut.

Selanjutnya, para pekerja juga masuk ke dalam gua-gua kecil di dalam tebing yang sempit dan gelap demi menemukan sarang burung walet. Diketahui harga sarang burung walet tersebut dibanderol mencapai Rp10-12 juta per kilogram.

Sebagai tambahan informasi, Sarang burung walet terbuat dari air liur burung tersebut. Orang Cina kuno biasa mengkonsumsi sarang burung ini dalam bentuk sup. Diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan tubuh.

Baca Juga: Viral Perjuangan Pekerja Filipina Ambil Sarang Burung Walet di Gua
Heboh Klaim Penemuan Burung Ababil di Palestina, Hoaks atau Fakta?

Sontak unggahan tersebut pun viral dan berhasil ditonton hingga lebih dari 24 ribu pengguna. Adapun ragam komentar warganet memenuhi unggahan satu ini.

"Tahun berapa ini Blm canggih. dikampung udh dibikin rumah2nya," komen warganet

"Atlet panjat tebing insinyur gak ya setelah melihat ini," timpal warganet lainnya.

Video Terkait