Tips! Cara Mudah Menyikat Gigi Kucing Sendiri di Rumah

Ilustrasi mengelus kucing. (Foto Unsplash)

Editor: M Kautsar - Jumat, 15 Juli 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Kucing peliharaan membutuhkan perawatan gigi sama seperti manusia. Sayangnya para pemilik kucing terkadang lupa untuk menyikat gigi si kucing. Alhasil beberapa kasus ditemukan masalah pada gigi kucing.

Kebiasan kucing mengunyah makanan dan mainannya sendiri bisa menjadi penyebab munculnya masalah pada gigi. Maka dari itu, penting untuk para pemilik kucing melakukan pengecekan secara rutin, salah satunya dengan cara menyikat gigi si kucing.

Jika kamu malas menggosok gigi kucing, maka gigi mereka akan timbul kerusakan dan penyakit. Seperti gigi patah, bau mulut, air liur berlebih bisa saja terjadi pada kucing peliharaan di rumah. Pasti kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Berikut cara mudah menyikat gigi kucing, dilansir dari The Spruce Pet.

1. Siapkan peralatan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan sikat gigi jari atau sikat gigi yang berkepala kecil. Jangan gunakan sikat gigi biasa, sebab akan menyulitkan kamu pada saat mulai menyikat gigi kucing. Mulut dan gigi kucing cukup kecil sehingga membutuhkan sikat gigi yang kecil pula.

Jangan lupakan pasta gigi khusus kucing, hindari penggunaan pasta gigi manusia, Sebab pasta gigi manusia tidak hanya mengandung bahan yang mungkin akan beracun bagi kucing saat tertelan dan juga tidak menarik perhatian si kucing.

2. Siapkan camilan dan suplemen

Kamu bisa menyiapkan camilan untuk menarik perhatian si kucing, sehingga akan menciptakan kepercayaan pada tuannya sehingga kamu bisa dengan mudah menyikat gigi kucing. Siapkan camilan lezat seperti keju, tuna, udang hingga makanan kalengan untuk membantu mengalihkan fokus kucing.

Selain camilan kamu juga bisa menggunakan bantuan berupa suplemen yang menenangkan. Seperti obat kecemasan, obat penenang atau feromon yang dapat membantu meredakan rasa takut, kecemasan, stres pada kucing.

3. Siapkan handuk

Siapkan handuk atau selimut untuk menyelimuti tubuh kucing saat sedang menyikat gigi kucing. Teknik ini akan sangat membantu kucing untuk mendapatkan rasa aman dan tenang. Sehingga kecil kemungkinan kucing untuk memberontak dan mencakar tuannya.

Baca Juga: Tips! Cara Mudah Menyikat Gigi Kucing Sendiri di Rumah
Hilang 8 Tahun, Kucing Ini Kembali Pulang

Menyikat gigi kucing akan memberikan ketidaknyamanan pada kucing. Maka dari itu kamu bisa menggunakan handuk untuk meredakan stres dan kecemasannya. Handuk ini juga akan mencegah goresan yang tidak disengaja.

Setelah berhasil menyikat gigi kucing, kamu bisa memberikan beberapa makanan dan camilan yang lunak sebagai hadiah. Menjaga kebersihan kucing termasuk gigi adalah tanggung jawab pemilik, jangan sampai kucing mengalami masalah atau penyakit serius akibat tidak dirawat dengan baik.