Sapi Kurban Wantimpres Berbobot 1 Ton Lepas dan Mengamuk

Sapi kurban anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo. (Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Senin, 11 Juli 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Sapi kurban anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo atau biasa dikenal dengan panggilan Pak de Karwo mengamuk saat hendak disembelih di Masjid Quba, Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Panitia kurban, Khotamil Anam mengatakan insiden sapi lepas dan mengamuk terjadi pada saat akan disembelih, Minggu 10 Juli 2022. Akibatnya seluruh panitia berhamburan menyelamatkan diri. Mereka takut jika disruduk sapi kurban yang lepas dan mengamuk.

"Sapi jumbo jenis limosin seberat 1 ton dari Watimpres Pak Dhe Karwo, sempat berontak hingga memutus tali tambang yang mengikatnya. Padahal saat itu, panitia berjumlah 20 orang menariknya, namun sapi berhasil lepas dan mengamuk,” terang Khotamil Anam ketika dikonfirmasi Sariagri, Senin (11/7/2022).

Untuk bisa menjinakan dan menangkap kembali sapi, imbuhnya, dibutuhkan waktu 30 menit. Bahkan demi bisa meredakan amarah sapi, ia sampai mengalami luka dibagian jari tangan kanannya.

Baca Juga: Sapi Kurban Wantimpres Berbobot 1 Ton Lepas dan Mengamuk
Sapi Wagyu Jadi Pilihan Hewan Kurban yang Diminati di Jepang

"Ini jari telunjuk kanan saya sampai tersayat oleh tali tambang saat berusaha kembali meraih tali yang dibawa lari sapi tersebut," lanjutnya.

Namun peristiwa itu tidak berlangsung lama. Dibantu petugas BPBD Madiun, sapi kurban itu berhasil kembali dijinakan.

“Setelah berhasil ditangkap, sapi kemudian diikat dan dirobohkan. selanjutnya sapi tersebut disembelih oleh Bupati Madiun, Ahmad Dawami. Sedangkan jumlah hewan kurban pada Idul Adha tahun ini, Masjid Quba menyembelih tiga ekor sapi semuanya berukuran jumbo dan 1 ekor kambing,” tutupnya.

Video Terkait